Setidaknya ada lima persiapan penting yang mesti dilakukan agar kita bisa menikmati secara maksimal aktivitas rafting di sungai palayangan – situ cileunca bandung. Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika Anda membuat rencana untuk melakukan aktivitas rafting di Bandung adalah ketahui kondisi kesehatan tubuh Anda seperti apa.

Kondisi kesehatan akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan rafting tersebut karena kegiatan ini membutuhkan cukup banyak energi serta kekuatan fisik. Sebelum melaksanakan kegiatan rafting, Anda sebaiknya menjaga kondisi tubuh dengan beristirahat yang cukup, memiliki pola makan yang sehat, serta berolahraga.

Dengan kondisi tubuh yang sehat dan fit, hal ini akan membuat kegiatan rafting bisa terasa lebih menyenangkan. Dan, bila Anda memang memiliki masalah kesehatan, Anda sebaiknya mau menyampaikannya kepada pemandu rafting terkait kondisi Anda tersebut.

Selain itu, Anda sebaiknya lebih cermat dalam memilih operator yang menyediakan paket kegiatan rafting di Bandung. Anda sebaiknya mencari informasi sedetail-detailnya tentang perusahaan penyedia jasa rafting tersebut termasuk bagaimana rekan jejak perusahaan tersebut dalam melayani dan memberikan fasilitas bagi peserta rafting.

Dengan memilih operator rafting yang berpengalaman serta profesional, Anda pun akan merasa lebih nyaman dan aman untuk melakukan aktivitas rafting.

Bila lokasi basecamp ataupun pos dari operator rafting agak jauh dari lokasi rafting, Anda sebaiknya memastikan untuk menuju ke lokasi rafting apakah memerlukan kendaraan ataupun bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Hal ini penting untuk menjadi pertimbangan sehingga nantinya Anda bisa tetap merasa nyaman dan tidak kelelahan dahulu sebelum memulai aktivitas rafting.

Biasanya sebelum memulai kegiatan rafting, para peserta akan mendapatkan briefing serta simulasi dari tim instruktur ataupun pemandu. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mendengarkan baik-baik dan seksama penjelasan yang disampaikan oleh pemandu mulai tentang perjalanan rafting yang akan dilalui, kondisi sungai, ataupun berbagai hal yang berkaitan dengan antisipasi bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti saat terlempar dari perahu ataupun ketika tiba-tiba perahu terbalik. Akan lebih baik bila sesama peserta bisa saling mengingatkan demi keselamatan dan keamanan dalam melakukan kegiatan rafting di Bandung nantinya.